Deskripsi:
Tes ini dilakukan dengan cara berlari ke arah depan, Galloping ke arah samping kiri dan kanan serta berlari mundur. Tes ini merupakan adopsi dari t-test tanpa mengubah prosedur tes (Fukuda, 2019).
Tujuan:
Untuk mengukur kelincahan siswa.
Peralatan:
Prosedur pelaksanaan tes:

Gambar 1. T test
Waktu yang dicapai oleh siswa dari titik start - finish. Waktu dicatat dalam detik/milidetik. Skor akhir adalah skor terbaik dari 2 kali kesempatan tes.
Validitas dan reliabilitas tes:Nilai validitas instrumen t-test sebesar 0.714 > 0.103 (rhitung > rtabel) memiliki validitas tinggi, dan reliabilitas sebesar 0.693 (reliabilitas tinggi).
Norma tes:
Norma T Test
| Putera | Puteri | Skor | Kategori |
|---|---|---|---|
| ≤ 00.06.63 | ≤ 00.07.19 | 5 | Baik Sekali |
| 00.06.64 - 00.10.15 | 00.07.20 - 00.11.20 | 4 | Baik |
| 00.10.16 - 00.14.16 | 00.11.21 - 00.15.19 | 3 | Sedang |
| 00.14.17 - 00.18.17 | 00.15.20 - 00.19.20 | 2 | Kurang |
| ≥ 00.18.18 | ≥ 00.19.21 | 1 | Kurang Sekali |
Jika telah memahami langkah-langkah prosedur dari tes instrument ini, anda dapat melihat prosedur test lainnya:
Lihat Prosedur Tes Lainnya© tksi@kemdikbud.go.id. All Rights Reserved.